Berapa Seharusnya Angka Tekanan Darah Normal Bagi Anda?

Dalam tulisan kali ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan tekanan darah normal dan berapa angka tekanan darah normal itu. Untuk dapat mengerti hal diatas dijelaskan terlebih dahulu tentang apa itu tekanan darah. Selain itu dijelaskan juga kelainan pada tekanan darah ini seperti tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah serta apa akibatnya bagi tubuh kita. Artikel ini berdasarkan kepada leaflet dari Asosiasi Tekanan Darah Inggris.

Apa Itu Tekanan Darah?

Secara singkat, tekanan darah adalah besarnya dorongan sel-sel darah pada dinding-dinding pembuluh. Ketika jantung Anda berdetak, ia memompa darah ke seluruh tubuh Anda untuk memberikan energi dan oksigen yang dibutuhkannya. Saat darah tersebut bergerak akan mendorong sisi-sisi pembuluh darah. Besarnya Kekuatan dorongan darah inilah yang disebut tekanan darah Anda. Jika tekanan darah Anda terlalu tinggi, itu membuat tekanan berlebih pada pembuluh arteri Anda (dan jantung Anda) dan ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Apakah Anda Memiliki Tekanan Darah Normal Atau Tekanan Darah Tinggi?

Hasil pembacaan tekanan darah normal dari tensimeter pada 120 per 80

Memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) biasanya bukan sesuatu yang Anda rasakan atau perhatikan. Tekanan darah tinggi cenderung tidak menghasilkan tanda atau gejala yang jelas. Satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah Anda adalah dengan mengukurnya menggunakan tensimeter.

Tekanan darah diukur dalam ‘milimeter air raksa’ (mmHg) dan ditulis sebagai dua angka. Misalnya, jika bacaan Anda 120 / 80 mmHg, ini artinya tekanan darah Anda adalah ‘120 Per 80’.

Apa Arti Hasil Pembacaan Tensimeter?

Setiap pembacaan tekanan darah terdiri dari dua angka atau level. Mereka ditampilkan sebagai satu nomor di atas yang lain.

Angka pertama (atau atas) merupakan tekanan darah sistolik Anda. Ini adalah tingkat tertinggi tekanan darah Anda ketika jantung Anda berdetak atau saat berkontraksi.

Angka kedua (atau bawah) adalah tekanan darah diastolik Anda. Ini adalah tingkat terendah yang dicapai oleh tekanan darah Anda saat jantung Anda rileks di antara detak jantung (relaksasi).

Pertahankan Tekanan Darah Normal Anda

Bahkan jika Anda tidak memiliki tekanan darah tinggi saat ini, penting untuk menjaga tekanan darah normal anda. Usahakan tekanan darah anda sedekat mungkin dengan tekanan darah normal. Semakin tinggi tekanan darah Anda, maka semakin tinggi risiko masalah kesehatan Anda.

Sebagai contoh, tekanan darah 135 per 85 mungkin masih dalam kategori “normal” tetapi seseorang yang memiliki angka tekanan darah ini dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung atau stroke dibandingkan seseorang dengan pembacaan 115 per 75.

Grafik Tekanan Darah Normal

Gunakan grafik tekanan darah di bawah ini untuk melihat apakah anda memiliki tekanan darah normal, tekanan darah tinggi (hipertensi) datau tekanan darah rendah(hipotensi). Grafik tekanan darah cocok untuk orang dewasa dari segala usia. (Tingkat tekanan darah tinggi tidak berubah seiring bertambahnya usia.)

Pembacaan tekanan darah memiliki dua angka, misalnya 140 / 90 mmHg.

Angka teratas adalah tekanan darah sistolik Anda. Tekanan tertinggi ketika jantung Anda berdetak (berkontraksi) dan mendorong darah ke seluruh tubuh Anda. Yang paling bawah adalah tekanan darah diastolik Anda. Tekanan terendah saat jantung Anda rileks (relaksasi) antara detak jantung.

Grafik tekanan darah di bawah ini menunjukkan kisaran pembacaan tekanan darah tinggi, rendah dan sehat.

Grafik Tekanan Darah Normal Untuk Orang Dewasa

Dengan menggunakan bagan tekanan darah ini: Untuk mengetahui apa arti pembacaan tekanan darah Anda, cari saja angka teratas Anda (sistolik) di sisi kiri grafik tekanan darah dan baca seberang, dan angka bawah Anda (diastolik) di bagian bawah darah grafik tekanan. Di mana keduanya bertemu adalah tekanan darah Anda.

Apa Arti 2 Angka Pembacaan Tekanan Darah?

Seperti yang dapat Anda lihat dari grafik tekanan darah, hanya satu dari angka yang harus lebih tinggi atau lebih rendah daripada yang seharusnya dihitung sebagai tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah:

  • 90 per 60 (90/60) atau kurang: Anda mungkin memiliki tekanan darah rendah. Anda harus meningkatkan nilai pembacaannya.
  • Lebih dari 90 per 60 (90/60) dan kurang dari 120 per 80 (120/80): Anda memiliki tekanan darah normal, angka yang ideal dan sehat. Pertahankan gaya hidup sehat Anda.
  • Lebih dari 120 per 80 dan kurang dari 140 per 90 (120 / 80-140 / 90): Anda memiliki tekanan darah normal tetapi sedikit lebih tinggi dari seharusnya, dan Anda harus mencoba menurunkannya. Buat perubahan sehat untuk gaya hidup Anda.
  • 140 lebih dari 90 (140/90) atau lebih tinggi (lebih dari beberapa minggu): Anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Ubah gaya hidup Anda segera temui dokter atau perawat Anda dan minum obat apa pun yang mungkin mereka berikan kepada Anda.

Batasan Angka Hasil Pembacaan Untuk Tekanan Darah Normal

Jadi selain kombinasi 2 nilai tadi, anda harus mengetahui 4 makna arti angka ini untuk melihat apakah anda memiliki tekanan darah normal atau tidak:

  • jika angka teratas Anda adalah 140 atau lebih – maka Anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi, terlepas dari nomor bawah Anda.
  • jika angka bawah Anda adalah 90 atau lebih – maka Anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi, terlepas dari angka teratas Anda.
  • jika angka teratas Anda adalah 90 atau kurang – maka Anda mungkin memiliki tekanan darah rendah, terlepas dari angka bawah Anda.
  • jika angka bawah Anda adalah 60 atau kurang – maka Anda mungkin memiliki tekanan darah rendah, terlepas dari angka teratas Anda.

Apa itu Tekanan Darah Normal?

Idealnya, kita semua harus memiliki tekanan darah normal yaitu di bawah 120 per 80 (120/80). Ini adalah tekanan darah ideal bagi orang yang ingin memiliki kesehatan yang baik. Pada tingkat ini, kita memiliki risiko penyakit jantung atau stroke yang jauh lebih rendah.

Jika tekanan darah Anda normal dan ideal, ini adalah berita bagus. Dengan mengikuti gaya hidup sehat kami, Anda akan dapat tetap pada angka seperti ini. Namun jika tekanan darah Anda di atas 120/80mmHg, Anda harus menurunkannya.

Kisaran Tekanan Darah Normal

Sebagian besar orang dewasa di Inggris memiliki pembacaan tekanan darah dalam kisaran dari 120 per 80 (120/80) hingga 140 per 90 (140/90). Jika tekanan darah Anda berada dalam kisaran ini, Anda harus mengambil langkah untuk menurunkannya atau menghentikannya supaya tidak naik lebih jauh.

Alasan mengapa orang-orang dengan pembacaan tekanan darah dalam kisaran ini harus menurunkannya, meskipun ini tidak diklasifikasikan sebagai tekanan darah ‘tinggi’, adalah bahwa semakin tinggi tekanan darah Anda, semakin tinggi risiko masalah kesehatan Anda.

Apa Itu Tekanan Darah Tinggi?

Anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) jika pembacaan tekanan darah Anda secara konsisten 140 per 90, atau lebih tinggi, selama beberapa minggu.

Anda mungkin juga memiliki tekanan darah tinggi jika salah satu dari angka-angka itu lebih tinggi dari yang seharusnya selama beberapa minggu.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, tekanan yang lebih tinggi ini menyebabkan tekanan ekstra pada jantung dan pembuluh darah Anda. Seiring waktu, tekanan ekstra ini meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan ginjal, dan terkait erat dengan beberapa bentuk demensia.

Apa Saja Tanda Dan Gejala Tekanan Darah Tinggi?

Tekanan darah tinggi biasanya tidak memiliki tanda atau gejala, jadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi adalah dengan mengukur tekanan darah Anda. Namun, satu bacaan tinggi tidak selalu berarti Anda memiliki tekanan darah tinggi. Banyak hal yang dapat mempengaruhi tekanan darah Anda sepanjang hari, jadi dokter Anda akan melakukan sejumlah pembacaan tekanan darah untuk memastikan bahwa tekanan darahnya tetap tinggi seiring waktu.

Kadang-kadang orang dengan tekanan darah sangat tinggi mengatakan mereka mengalami sakit kepala, tetapi yang terbaik adalah mengunjungi dokter umum Anda jika Anda khawatir tentang gejalanya.

 

Apa Yang Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi?

Bagi kebanyakan orang, mungkin tidak ada penyebab tunggal untuk tekanan darah tinggi mereka. Kami tidak tahu persis apa yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Kami tahu bahwa gaya hidup Anda dapat memengaruhi risiko Anda untuk mengembangkannya.

Anda berisiko lebih tinggi jika:

  • Anda makan terlalu banyak garam;
  • Anda tidak cukup makan buah dan sayuran;
  • Anda tidak cukup aktif;
  • Anda kelebihan berat badan; atau
  • Anda minum terlalu banyak alkohol.

Anda dapat menurunkan tekanan darah  juga menurunkan risiko stroke dan serangan jantung dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Penyebab Tambahan Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, yang tidak dapat Anda kendalikan. Ini termasuk:

  • Usia: seiring bertambahnya usia, efek dari gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkat dan tekanan darah Anda dapat meningkat.
  • Etnis: orang-orang dari komunitas Afrika-Karibia dan Asia Selatan berisiko lebih besar daripada orang lain yang menderita tekanan darah tinggi.
  • Riwayat keluarga: Anda berisiko lebih besar jika anggota keluarga Anda yang lain, atau pernah, memiliki tekanan darah tinggi.

Beberapa orang mungkin memiliki tekanan darah tinggi yang terkait dengan kondisi medis lain, seperti masalah ginjal. Bagi orang yang merawat masalah medis ini dapat menurunkan tekanan darah mereka kembali normal.

Apa Itu Tekanan Darah Rendah?

Banyak orang khawatir tentang tekanan darah rendah (hipotensi), tetapi mungkin tidak perlu.

Beberapa orang memiliki tingkat tekanan darah yang lebih rendah dari normal. Secara umum ini mungkin kabar baik – karena semakin rendah tekanan darah Anda, semakin rendah risiko stroke atau penyakit jantung. Namun, dalam beberapa kasus, memiliki tekanan darah rendah dapat menyebabkan masalah, jadi Anda mungkin perlu berbicara dengan dokter atau perawat Anda.

Apa Itu Pembacaan Tekanan Darah Rendah?

Pembacaan tekanan darah rendah memiliki tingkat 90 / 60mmHg, atau lebih rendah.

Hanya salah satu angka yang harus lebih rendah dari yang seharusnya dihitung sebagai tekanan darah rendah.

Dengan kata lain:

  • jika angka teratas adalah 90 atau kurang (terlepas dari nomor kapas) ini mungkin tekanan darah rendah
  • jika angka bawah adalah 60 atau kurang (terlepas dari nomor atas) ini mungkin tekanan darah rendah.

Apa Yang Menyebabkan Tekanan Darah Rendah?

Beberapa orang memiliki tingkat tekanan darah yang secara alami rendah. Artinya, tidak ada sebab atau alasan spesifik mengapa.

Namun, beberapa kondisi kesehatan atau obat-obatan dapat menyebabkan Anda mengalami tekanan darah rendah.

Apakah Tekanan Darah Rendah Berbahaya?

Biasanya, memiliki tekanan darah rendah tidak perlu dikhawatirkan. Namun, terkadang tekanan darah Anda bisa turun ke titik di mana Anda mungkin merasa pingsan atau pusing.

Jika Anda mendapati tekanan darah Anda tiba-tiba jauh lebih rendah dari biasanya, mungkin ada alasan untuk ini. Bicaralah dengan dokter atau perawat Anda.

Bagaimana Perawatan Tekanan Darah Rendah?

Kebanyakan orang dengan tekanan darah rendah tidak perlu perawatan.

Jika dokter atau perawat Anda merasa bahwa Anda akan mendapat manfaat dari perawatan, mereka akan sering mencoba mencari penyebab tekanan darah rendah Anda. Jika mereka dapat menemukan penyebabnya, mereka harus dapat memutuskan perawatan yang paling tepat untuk Anda.

Apa Akibat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi (hipertensi) membuat tekanan berlebih pada jantung dan pembuluh darah Anda. Ini dapat menyebabkan keduanya menjadi lebih lemah atau rusak.

Semakin tinggi tekanan darah Anda, semakin tinggi risiko masalah kesehatan serius di masa depan. Tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi tubuh Anda dalam beberapa cara:

  • Jantung: tekanan darah tinggi dapat menyebabkan Anda mengalami serangan jantung. Itu juga bisa menyebabkan gagal jantung.
  • Otak: tekanan darah tinggi adalah penyebab utama stroke. Ini juga terkait erat dengan beberapa bentuk demensia.
  • Ginjal: tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit ginjal.
  • Tungkai: tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit arteri perifer, yang dapat mempengaruhi kaki Anda.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain, seperti diabetes atau kolesterol tinggi, ini meningkatkan risiko masalah kesehatan Anda lebih banyak lagi. Maka yang lebih penting adalah menurunkan tekanan darah tinggi Anda menjadi tekanan darah normal.

Cara Mendapatkan Tekanan Darah Normal

Gaya hidup yang tidak sehat akan meningkatkan tekanan darah Anda seiring waktu. Dan semakin tinggi tekanan darah Anda, semakin tinggi risiko terkena stroke atau serangan jantung di masa depan.

Tetapi kabar baiknya adalah bahwa jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, perubahan yang sehat akan membantu menurunkannya.

Meskipun Anda masih memiliki tekanan darah normal, Anda tidak perlu menunggu sampai Anda memiliki tekanan darah tinggi untuk membuat perubahan gaya hidup sehat. Semakin Anda mengurangi tekanan darah, semakin rendah risiko serangan jantung atau stroke.

1.Konsumsi Lebih Sedikit Garam

Terlalu banyak garam meningkatkan tekanan darah Anda, jadi penting untuk makan sesedikit mungkin. Bahkan, beberapa orang dengan tekanan darah tinggi mungkin dapat menghindari obat tekanan darah dengan mengurangi garam.

Sebagian besar garam yang Anda makan bukan yang Anda tambahkan ke makanan Anda, tetapi dalam makanan siap saji seperti roti, sereal sarapan dan makanan siap saji.

Jangan menambahkan garam ke makanan saat memasak atau di meja. Saat berbelanja untuk makanan, periksa label dan pilih opsi rendah garam saat Anda bisa.

2.Konsumsi Lebih Banyak Buah Dan Sayuran

Makan lebih banyak buah dan sayuran membantu menurunkan tekanan darah Anda. Orang dewasa harus makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Sebagian adalah 80 gram, atau kira-kira seukuran kepalan tangan Anda.

Cobalah untuk makan berbagai macam buah dan sayuran. Kering, beku, dan dikalengkan baik-baik saja, tetapi waspadai garam, gula atau lemak tambahan. Silahkan baca artikel lengkap tentang buah penurun darah tinggi dan cara konsumsinya.

17 Buah Penurun Darah Tinggi Paling Efektif dan Cara Konsumsinya

3.Pertahankan Berat Badan Ideal

Kehilangan berat badan, jika perlu, akan membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko masalah kesehatan. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah memilih lebih banyak makanan rendah lemak dan rendah kalori, dan meningkatkan aktivitas fisik Anda.

Tetapkan diri Anda tujuan yang realistis. Buat perubahan kecil pada kebiasaan makan dan tingkat aktivitas yang bisa Anda pertahankan seumur hidup.

4.Konsumsi Lebih Sedikit Alkohol

Jika Anda minum terlalu banyak alkohol, ini akan meningkatkan tekanan darah Anda seiring waktu. Batas yang disarankan saat ini adalah 14 unit alkohol seminggu untuk pria dan wanita. Satu unit kira-kira setengah liter bir atau sari buah apel, segelas kecil anggur, atau satu porsi minuman beralkohol.

Jika Anda tetap pada batas alkohol yang disarankan, ini akan membantu menjaga tekanan darah Anda.

5.Olahraga Dan Lebih Aktif

Menjadi cukup aktif selama 30 menit lima kali seminggu dapat menjaga kesehatan jantung Anda, dan dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukan 30 menit dalam sehari, meningkatkan aktivitas Anda bahkan dalam jumlah kecil dapat membantu.

Pikirkan bagaimana Anda bisa lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan apa pun yang membuat Anda merasa hangat dan sedikit kehabisan nafas adalah ideal.

Silahkan baca paparan lebih lengkap tentang cara menurunkan darah tinggi yang mudah dan efektif.

15 Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami [Cepat dan Jitu]

Kesimpulan Tekanan Darah Normal

Tekanan darah memang bukanlah sebuah penyakit, namun sangat penting bagi Anda untuk memiliki tekanan darah normal. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang berbaya seperti penyakit jantung, stroke, ginjal dan penyakit arteri perifer. Tekanan darah normal yang ideal dan sehat nilainya lebih dari 90 per 60 (90/60) dan kurang dari 120 per 80 (120/80). Jika anda mengalami kelebihan berat badan, mengurangi bobot tubuh adalah hal paling mudah dilakukan dengan menggunakan cara diet sehat alami.

Home

Sending
User Review
0 (0 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *