7 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi Tapi Sehat

makanan yang mengandung kolesterol

makanan yang mengandung kolesterol

Selama ini anda mungkin selalu menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti telur dan seafood. Salah satu alasannya dikarenakan takut kalau makanan ini dapat meningkatkan risiko kita terhadap penyakit jantung.

Namun, riset terbaru menunjukan bahwa ternyata kebanyakan orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi tidak akan membahayakan kesehatannya.

Apalagi makanan yang mengandung tinggi kolesterol ini, biasanya juga mengandung tinggi nutrisi esensial penting yang biasanya tidak ada pada makanan jenis lain.

Tulisan ini akan menjelaskan alasan mengapa jenis makanan yang mengandung kolesterol tidak perlu ditakuti, dipaparkan juga tabel makanan kolesterol tinggi yang sehat dan yang perlu dihindari.

DAFTAR ISI

Kolesterol adalah…?

makanan yang mengandung kolesterolKolesterol adalah substansi yang mengandung seperti lilin (waxy) yang terdapat pada seluruh sel tubuh hewan. Kolesterol ini terdapat produk hewan seperti daging, telur dan produk susu.Kolesterol ini memiliki peran penting dan vital dalam tubuh untuk memproduksi hormon, vitamin D dan kelenjar empedu untuk mencerna lemak.

Kolesterol merupakan komponen esensial pada setiap sel tubuh kita. Kolesterol juga yang memberikan kekuatan dan sifat fleksibel pada membran sel tubuh.

Liver kita memproduksi semua kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan semua fungsinya, namun kolesterol ini juga bisa didapat melalui konsumsi produk hewani.

Siaft kolesterol merupakan zat yang tidak terlarut dalam cairan darah, namun ditransportasikan oleh substansi bernama lipoprotein.

Berdasarkan lipoprotein pengangkutnya terdapat 2 jenis kolesterol yaitu Low-Density Lipoprotein (LDL) dikenal sebagai “kolesterol jahat” dan High-Density Lipoprotein (HDL) disebut juga “kolesterol baik”.

Ketika anda mengkonsumsi kolesterol berlebih, maka tubuh anda akan mengkompensasinya dengan memgurangi produksi kolesterol alaminya.

Sebaliknya, ketika jumlah kolesterol dari makanan tidak cukup, maka tubuh anda akan meningkatkan produksi kolesterol untuk memastikan bahwa terdapat jumlah kolesterol yang cukup.

Kolesterol yang terdapat dalam tubuh hanya sekitar 25% berasal dari makanan yang kita konsumsi. Namun, sebagian besarnya merupakan berasal dari produksi hati kita.

Kembali ke DAFTAR ISI

Apakah Makanan Berkolesterol Berbahaya?

makanan yang mengandung kolesterol

Riset dari Nutrition Society memperlihatkan  bahwa makanan mengandung kolesterol tidak memiliki pengaruh besar pada kadar kolesterol tubuh kita.

Hasil studi populasi menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara makanan berkolesterol dengan penyakit jantung.

Meskipun makanan berkolesterol dapat sedikit mempengaruhi kadar kolesterol, hal ini biasanya bukan menjadi masalah untuk kebanyakan orang.

Bahkan, dua per tiga populasi dunia mengalami hanya sedikit kenaikan bahkan tidak kenaikan kadar kolesterol setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol meskipun dalam jumlah banyak.

Hanya sedikit orang yang termasuk ke dalam sebagai cholesterol non-compensator atau hyper-responder yang sangat sensitif terhadap makanan tinggi kolesterol.

Makanan yang banyak mengandung kolesterol juga menunjukan pengaruh positif terhadap rasio LDL-HDL yang dianggap sebagai indikator terhadap risiko penyakit jantung.

Riset menunjukan bahwa kita jangan menghindari makanan yang banyak mengandung kolesterol. Perlu diingat bahwa tidak semua makanan yang tidak mengandung kolesterol adalah makanan yang sehat.

Kembali ke DAFTAR ISI

 

Makanan Yang Mengandung Kolesterol Baik yang Sehat Dikonsumsi

Berikut adalah 7 jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi namun tetap merupakan makanan sehat untuk dikonsumsi.

1. Telur

makanan yang mengandung kolesterol

Telur merupakan salah satu makanan paling bernutrisi yang dapat anda konsumsi. Mereka juga mengandung kolesterol yang tingggi.

Satu telur besar mengandung kolesterol sebanyak 211 mg atau 70% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Orang terkadang menghindari telur karena takut akan menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, jurnal ilmiah Metabolism menunjukan bahwa telur memiliki pengaruh negatif terhadap meningkatnya kadar kolesterol.

Bahkan mengkonsumsi telur dapat meningkatkan HDL yang dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Disamping kaya akan kolesterol, telur juga merupakan kaya sumber akan protein yang dapat diserap dan kaya akan manfaat nutrisi seperti vitamin B,  selenium dan vitamin A.

Riset tersebut menunjukan bahwa mengkonsumsi 1-3 telur per hari masih aman dan menyehatkan kita.

 

2. Keju

makanan yang mengandung kolesterol

Satu ons atau sekitar 28 gram keju mengandung 27 mg kolesterol atau setara dengan 9% AKG.

Walaupun keju sering diasosiasikan dengan peningkatan kolesterol, namun sesungguhnya seperti ditunjukan studi ilmiah pada American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa keju kaya lemak tidak berpengaruh pada peningkatan kadar kolesterol.

Studi selama 12 minggu pada 162 orang memperlihatkan bahwa konsumsi 80 gram atau sekitar 3 ons.

Konsumsi keju full fats per hari tidak meningkatkan kadarkolesterol jahat (LDL) dibandingkan dengan konsumsi jumlah yang sama keju rendah lemak atau dibandingkan dengan konsumsi roti dan selai untuk jumlah kalori yang sama.

Berbagai macam keju memiliki bervariasi nutrisi, namun kebanyakan keju mengandung cukup kalsium, protein, vitamin B dan vitamin A.

Karena kandungan kalorinya yang tinggi, disarankan untuk mengkonsumsi sekitar 1-2 ons sekali makan.

 

3. Kerang

makanan yang mengandung kolesterol

Kerang atau seafood pada umumnya termasuk didalamnya kepiting dan udang mengandung tinggi protein, vitamin, zat besi dan selenium.

Makanan tersebut juga mengandung kolesterol yang tinggi. Sebagai contoh, 3 ons (85 gram) udang mengandung 166 mg kolesterol atau lebih dari 50% AKG.

Selain itu, kerang juga mengandung komponen bioaktif seperti antioksidan karotenoid dan asam amino taurin yang membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Orang yang mengkonsumsi lebih banyak seafood memperlihatkan terdapat penurunan risiko penyakit jantung, diabetes dan penyakit inflamasi seperti arthritis seperti dilansir Global Journal of Health Science.

 

4. Steak

makanan yang mengandung kolesterol

Steak  penuh dengan protein juga vitamin serta mineral.  Vitamin dan mineral tersebut antara lain vitamin B12, zinc, selenium dan zat besi.

Steak ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi sebagai anti inflamasi.

Empat ons atau 112 gram steak mengandung 62 mg kolesterol atau 20% dari AKG.

Meskipun daging olahan memiliki hubungan kuat dengan penyakit jantung, namun mengkonsumsi daging segar merah tidak berpengaruh terhadap risiko serangan jantung.

Hal tersebut diungkap dalam artikel kesehatan pada jurnal Circulation.

 

5. Jeroan

makanan yang mengandung kolesterol

Jeroan yang kaya akan kolesterol seperti hati, ampela dan usus merupakan makanan penuh nutrisi.

Sebagai contoh, hati ayam sendiri memiliki sumber antioksidan, CoQ10,  juga mengandung vitamin B12,  zat besi dan zinc.

Jeroan ini juga mengandung kolesterol tinggi, 2 ons (56 gram) mengandung 105 mg kolesterol atau sekitar 36% AKG.

Satu studi dari The Korean Genome and Epidemiology Study (KoGES), menunjukan bahwa 9.000 orang korea dengan konsumsi jeroan dalam tingkat menengah memiliki risiko lebih rendah terhadap risiko penyakit jantung.

 

6. Ikan Sarden

makanan yang mengandung kolesterol

Ikan sarden tidak hanya penuh dengan nutrisi namun rasanya lezat dan proteinnya yang mudah digabung dan dicampur dengan berbagai makanan.

Data dari nutritiondata.self.com, menunjukan bahwa dalam satu ekor ikan 3,75 ons (92 gram) berisi 131 mg kolesterol atau 44% dari AKG.

Untuk vitamin D kandungannya mencapai 63% AKG, sedangkan untuk vitamin B1 mencapai 137% dari AKG dan 35% AKG untuk kalsium.

Selain mengandung hal diatas, ikan sarden juga merupakan sumber bagi zat besi, selenium, fosfor, zinc, tembaga, magnesium dan vitamin E.

 

7. Yogurt Full-Fat

makanan yang mengandung kolesterol

 

Yogurt full fat merupakan makanan kaya kolesterol ditambah tinggi akan nutrisi seperti protein,  kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, zinc dan natrium.

Satu cangkir yoghurt full fat atau sekitar 245 gram mengandung 31,9 mg kolestwrol atau 11% dari AKG.

Studi terbaru dari jurnal Food memperlihatkan peningkatan konsumsi full-fat dari susu yang telah di fermentasi dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Plus, produk susu yang mengalami proses fermentasi seperti yoghurt memiliki manfaat untuk kesehatan usus sehingga berpengaruh positif bakteri pencernaan.

Kembali ke DAFTAR ISI

 

Makanan Yang Mengandung Kolesterol Jahat yang Harus Dihindari

Beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi tertentu memiliki nutrisi tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan, namun ada beberapa makanan yang mengandung kolesterol jahat yang harus anda hindari.

Berikut adalah 4 jenis makanan yang mengandung kolesterol jahat yang memiliki pengaruh negatif terhadap kesehatan.

8. Makanan yang Digoreng

makanan yang mengandung kolesterol

Makanan yang digoreng seperti daging goreng dan cheese stick merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang wajib dihindari sebisa mungkin.

Makanan tersebut merupakan makanan yang mengandung kolesterol jahat, tinggi kalori dan transfat yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan memperburuk kesehatan dalam bentuk lain.

Konsumsi berlebihan makanan goreng-gorengan berhubungan langsung dengan meningkatnya risiko serangan jantung, obesitas dan diabetes.

 

9. Makanan Cepat Saji (Fast Food)

makanan yang mengandung kolesterol

Konsumsi makanan siap saji merupakan faktor risiko besar untuk beberapa penyakit termasuk didalamnya penyakit jantung, diabetes dan obesitas.

Orang yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kadar kolesterol lebih tinggi, lebih banyak lemak perut, lebih tinggi inflamasi dan tidak teraturnya kadar gula darah.

Mengkonsumsi makanan yang tanpa melalui proses di rumah akan membuat penurunan berat badan, lebih sedikit lemak perut dan mengurangi risiko penyakit jantung seperti kolesterol jenis LDL.

 

10. Daging Yang Di Proses

makanan yang mengandung kolesterol

Daging yang sudah mengalami proses seperti sosis dan hotdogs adalah contoh jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang sebaiknya dibatasi.

Konsumsi makanan seperti ini telah dibuktikan berhubungan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung dan kanker tertentu seperti kanker usus.

Sebuah riset pada lebih 614.000 partisipan ditemukan bahwa tambahan 50 gram daging yang diproses per hari berhubungan dengan 42% risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung.

 

11. Makanan Penutup (Desserts)

makanan yang mengandung kolesterol

Kue, bolu, es krim dan makanan manis lainnya merupakan makanan tidak sehat yang cenderung tinggi akan kolesterol dan tambahan gula, lemak jahat dan tinggi kalori.

Seringnya menjadikan makanan ini jadi kudapan akan berimpact negatif terhadap kesehatan anda secara umum dan seiring waktu akan membuat anda obesitas.

Riset membuktikan bahwa terdapat hubungan antara asupan gula terhadap obesitas, diabetes, serangan jantung dan jenis kanker tertentu.

Hal lain adalah bahwa makanan ini tidak memenuhi kebutuhan tubuh anda akan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein dan lemak.

Kembali ke DAFTAR ISI

 

Saat ini minimal anda sudah dapat memilih 11 jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi, mana yang sehat dan mana yang jahat.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *