Berapa Kadar Gula Darah Normal? Ini Dia Nilai Rekomendasinya!

kadar gula darah normal

Berapa kadar gula darah normal? Berikut adalah jawabannya.

Nilai kadar gula darah normal yang direkomendasikan oleh American Diabetes Asociation (ADA) adalah sebagai berikut:

Kadar gula darah normal setelah puasa:

  •         Batas normal gula darah untuk orang tanpa diabetes : 70–99 mg / dl (3,9-5,5 mmol / L);
  •         Batas normal gula darah untuk seseorang dengan diabetes: 80-130 mg / dl (4,4-7,2 mmol / L).

Kadar Gula Darah normal 2 jam setelah makan:

  • Batas normal gula darah untuk orang tanpa diabetes: Kurang dari 140 mg / dl (7,8 mmol / L);
  • Batas normal gula darah untuk seseorang dengan diabetes: Kurang dari 180 mg / dl (10,0 mmol / L).

HbA1c:

  • Batas normal gula darah untuk orang tanpa diabetes: Kurang dari 5,7%;
  • Batas normal gula darah untuk seseorang dengan diabetes: Kurang dari 7,0%.

Sedangkan Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO:

  • Batas normal gula darah ketika puasa: 4 – 7 mmol/l atau 72 – 126 mg/dl;
  • Batas normal gula darah 90 menit setelah makan: 10 mmol/l atau 180 mg/dl;
  • Batas normal gula darah ketika malam hari: 8 mmol/l atau 144 mg/d.

untuk Kadar Gula Darah Normal Menurut Depkes RI:

  • Batas normal gula darah 2 jam setelah makan berkisar antara 80-180 mg/dl;
  • Batas normal gula darah kondisi idealnya adalah 80-144 mg/dl;
  • Batas normal gula darah kondisi cukup 145-179 mg/dl.

 

DAFTAR ISI

Bagaimana Kadar Gula Darah Diukur?

kadar gula darah normal

Tujuan dari perawatan orang dengan diabetes adalah untuk membuat kadar gula darah (“glukosa”) orang tersebut sedekat mungkin pada keadaan normal. Apa itu kadar gula darah normal?

Dan bagaimana anda bisa mencapai kadar gula darah normal?

Tapi sebelumnya mari dibahas, apa perbedaan antara “gula” dan “glukosa”.

kembali ke DAFTAR ISI

Jadi apa perbedaan gula dan glukosa?

Gula merupakan nama umum untuk karbohidrat yang memiliki rasa manis yang larut dalam air. “Karbohidrat” sendiri adalah makanan yang hanya terbuat dari karbon, oksigen, dan hidrogen.

Ada berbagai jenis gula. Gula yang digunakan tubuh kita untuk diajadikan energi disebut “glukosa.” Jenis gula lain adalah gula yang biasa kita konsumsi, seperti sukrosa atau gula dapur, fruktosa dari buah-buahan atau laktosa dari susu. Selanjutnya gula-gula tersebut akan diubah menjadi glukosa dalam tubuh kita.

Glukosa-lah yang akan digunakan tubuh kita untuk menjadi energi. Tubuh kita juga memecah pati/tepung, yang merupakan gula yang terkumpul, menjadi glukosa.

Nah, ketika orang berbicara tentang “gula darah,” yang mereka maksudkan sebenarnya adalah “glukosa darah.

Jadi keduanya itu merujuk pada benda yang sama.

Standard Unit Pengukuran Kadar Gula Darah

kadar gula darah normal

Di  Amerika Serikat kadar gula darah umumnya dihitung dalam miligram glukosa per desiliter darah (mg /dL). Untuk dapat dibayangkan bahwa jumlah satu miligram sangat sedikit, 1 miligram adalah sekitar 0,018%  sendok teh. Satu deciliter sekitar 31/3 ons.Sedangkan di Kanada dan Inggris, kadar gula darah ditentukan dalam milimol / liter (mmol /L). Anda dapat mengubah kadar glukosa Kanada atau Inggris menjadi angka Amerika jika Anda mengalikannya dengan 18.

Pengetahuan ini akan berguna jika anda membaca laporan, komentar, studi atau hal lainnya yang berasal Inggris atau Kanada. Jika seseorang melaporkan bahwa kadar gula darah puasa mereka adalah 7, ini artinya  7 mmol /L. Anda dapat mengalikannya dengan 18 dan mendapatkan kadar gula standard Amerika yaitu sebesar 126 mg /dL.

Pertanyaan selanjutnya unit apa yang digunakan di Indonesia?

Di indonesia pada umumnya menggunakan unit standard Amerika yaitu mg /dL.

kembali ke DAFTAR ISI

 

Apa Target Gula Darah yang Direkomendasikan?

kadar gula darah normal

Berapa angka kadar gula darah normal? Kadar gula darah akan bervariasi sepanjang hari.

Untuk seseorang normal tanpa diabetes, kadar gula darah normal puasa saat bangun harus di bawah 100 mg / dL. Untuk kadar gula darah normal sebelum makan adalah 70-99 mg / dl.

Sedangkan kadar gula darah normal “postprandial” diambil dua jam setelah makan harus kurang dari 140 mg / dl.Itu adalah angka normal untuk seseorang tanpa diabetes.

Jika Anda menderita diabetes, American Diabetes Association (ADA) menyarankan untuk menjaga kadar gula darah Anda sebelum makan dari 80-130 mg / dl dan kadar Anda 1-2 jam setelah makan di bawah 180.

Banyak orang dengan diabetes dan dokter menembak untuk tingkat yang lebih dekat dengan orang-orang tanpa diabetes, karena mereka lebih protektif terhadap komplikasi. Angka yang lebih rendah membutuhkan diet yang lebih hati-hati dan pemantauan yang lebih sering untuk mencegah posisi terendah, tetapi hal itu bisa dilakukan bagi banyak orang.

 

Test Kadar Gula Darah Normal Jangka Panjang

kadar gula darah normal

Selain test jangka pendek, terdapat tes gula darah jangka panjang yang disebut hemoglobin A1c, HbA1c, atau hanya A1C. Tes ini mengukur kontrol gula darah rata-rata Anda selama 2-3 bulan terakhir.

HbA1c dinyatakan sebagai persentase. Normal untuk orang tanpa diabetes di bawah 5,7 persen.

Target untuk orang dengan diabetes yang direkomendasikan oleh ADA lebih rendah dari 7,0 persen, meskipun banyak orang mencapai angka yang lebih rendah, dan orang yang lebih tua dan kurang sehat mungkin diberikan target yang lebih tinggi untuk menghindari agar tidak terlalu rendah. (Beberapa dokter menetapkan tujuan nilai paling rendah 6,0 persen atau paling tinggi 8,0 persen.)

Ketika kadar glukosa lebih tinggi dari normal, mereka mulai menyebabkan peradangan pada pembuluh darah dan saraf.

Di sinilah semua komplikasi diabetes berasal. Jadi, Anda tidak ingin kadar glukosa darah tinggi.

Pada orang tanpa diabetes, fungsi insulin normal menjaga gula dalam kisaran normal. Ketika Anda menderita diabetes, fungsi insulin rusak. Anda perlu membuat tubuh Anda sadar, dengan makan yang benar, berolahraga, minum obat atau herbal, dan mengurangi stres.

Gula darah rendah juga merupakan masalah potensial. Jika Anda menggunakan insulin atau obat sulfonylurea atau meglitinide, ada risiko gula darah Anda terlalu rendah. Gula darah rendah (“hipoglikemia,” diucapkan high-po-gleye-SEEM-e-uh) dapat menyebabkan pusing, kebingungan, atau pingsan.

kembali ke DAFTAR ISI

 

Menguji Kadar Gula Darah Anda

kadar gula darah normal

Anda dapat mempelajari apa itu glukosa darah Anda pada saat tertentu dengan tes darah dengan jari, menggunakan meteran glukosa yang tersedia. Mungkin sedikit sakit, dan strip tes membutuhkan biaya, tetapi Anda bisa mendapatkan informasi yang baik. Anda dapat mengurangi rasa sakit dan kerumitan tongkat jarum dan mendapatkan informasi lebih lanjut dengan monitor glukosa terus menerus, atau CGM. CGM diukur dari sensor yang dimasukkan di bawah kulit, seringkali di perut.

Bagi orang yang menggunakan insulin kerja cepat atau sedang, tes gula darah harus sering dilakukan. Anda ingin mengambil jumlah yang tepat dan tidak membuat gula darah Anda terlalu rendah.

Bagi penderita diabetes tipe 2 yang tidak menggunakan insulin, berapa banyak tes yang harus dilakukan terserah Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda. Jika Anda mencoba kontrol ketat, Anda dapat menguji setelah makan makanan yang berbeda dan melakukan aktivitas yang berbeda untuk melihat bagaimana mereka mempengaruhi glukosa Anda. Simpan catatan hasil Anda dengan cermat dan mungkin catat apa yang Anda makan dan lakukan sebelum ujian.

Tidak banyak membantu untuk menguji pada waktu yang sama setiap hari, biasanya saat bangun tidur dan sebelum makan malam. Uji dengan rencana; ketika Anda mengubah sesuatu seperti dosis obat baru atau suplemen, maka tes di hari-hari sesudahnya. Banyak monitor menyimpan catatan hasil Anda untuk Anda atau mengirimnya ke komputer Anda atau dokter Anda.

kembali ke DAFTAR ISI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *