7 Hal Terpenting yang Anda Harus Tahu tentang Diet DEBM

diet debm

Diet DEBM itu apa? DEBM merupakan kependekan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Diet DEBM adalah jenis diet yang mengutamakan konsumsi makanan rendah karbohidrat, tinggi lemak dan protein.

Pendahuluan

Orang indonesia memang paling bisa untuk memberikan nama dan/atau menyingkatnya menjadi hal yang sangat “eye catching”. Contohnya aja diet DEBM ini,  bagaimana tidak, dari namanya saja sudah membuat anda penasaran tentang diet ini.

Dari nama saja sudah memberikan membolak-balikan persepsi bahwa diet itu tidak enak, membuat sengsara dan pasti tidak menyenangkan.

Diet ini konon diperuntukan bagi anda yang hobinya makan namun malas untuk berolahraga. Kayaknya kebanyakan dari kita memang seperti itu.

Diet DEBM - 5 Besar Diet Populer

Ya…ya…,

Sudah BANYAK MAKAN namun MALAS banget untuk OLAHRAGA.

Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa diet DEBM ini begitu popular dan dicari-cari orang.

Diet ini akhir-akhir menjadi diet paling populer di Indonesia, walaupun diet ini tidak dikenal di luar negeri. Diet ini termasuk 2 besar diet terpopuler di negeri ini setelah diet keto.

Hal ini diindikasikan dengan volume pencarian google yang mencapai puluhan ribu per bulan.

Mungkin diet ini menjadi sangat populer karena namanya yang begitu menarik. Sesuai namanya, DEBM Diet Enak Bahagia Menyenangkan, diet ini memiliki tujuan agar yang melakukannya merasa :

ENAK

Apanya yang enak?

Katanya dengan diet ini anda masih bisa kurus dengan masih mengkonsumsi makanan favorit anda yang penuh lemak. Tentu saja makanan favorit anda harus yang makanan non karbohidrat (harus makanan mengandung lemak dan protein);

BAHAGIA

Siapa yang bahagia?

Diet tanpa sengsara karena walaupun sedang berdiet anda masih bebas lapar. Selama menjalankan diet DEBM ini, anda bebas mengkonsumsi makanan-makanan yang diperbolehkan dalam diet DEBM menu.

Hasil diet ini akan membuat anda langsing,  lebih cantik dan lebih segar sehingga anda akan bahagia.

Menyenangkan

Mengapa menyenangkan?

Karena hobi makan anda bisa tetap jalan walaupun anda males berolahraga.

Latar Belakang DEBM

Referensi tentang diet DEBM ini sangatlah sedikit kalau tidak bisa dikatakan tidak ada. Dari beberapa hasil search lewat oom gugel, ada satu nama yang sering muncul yaitu nama Erik Robert Liembono.

Dalam beberapa artikel diceritakan bahwa beliau berhasil menurunkan berat badannya dengan menjalankan diet ini.

Dilihat dari latar belakang pendidikannya yaitu IT (information technology), yang tidak ada hubungannya dengan diet, nutrisi atau kesehatan secara umum.

Jadi apakah beliau yang menginisisiasi diet ini?

Tidak ada jawaban pasti. Tidak ada cerita latar belakang atau  penjelasan mengapa diet ini bisa muncul. Apakah diet ini muncul begitu saja atau hasil modifikasi jenis diet lain.

DEBM adalah Jenis Diet Rendah Karbo

Dengan melihat konsep dan bagaimana pelaksanaan program diet ini, dapat disimpulkan bahwa diet DEBM adalah sebenarnya bukan jenis diet baru, namun program diet baru.

Diet DEBM ini adalah diet yang masih serumpun dengan beberapa diet rendah karbo seperti diet karbo, diet paleo,  diet keto,  diet atkins dll.

1.    Mengapa anda harus diet DEBM?

Sebelum memutuskan menjalankan diet DEBM ini, pertanyaannya adalah “mengapa anda harus diet DEBM Diet Enak Bahagia Menyengkan ini?

Setelah mengubek-ngubek semua hal tentang diet DEBM ini, namun tidak ada penjelasan dapat ditemukan tentang mengapa diet ini ada, bagaimana cara kerja diet bisa berhasil.

Tapi jawaban yang pasti mengapa diet DEBM ini begitu populer di Indonesia, jawaban mudahnya adalah karena ada (banyak) orang yang BERHASIL menurunkan berat badan lewat program diet ini.

Namun, hal ini pun baru sebatas dugaannya saja sebatas kesaksian-kesaksian. Belum ada data dan angka yang menyebutkan berapa tingkat keberhasilan diet ini.

Seperti penjelasan tadi diatas bahwa diet ini masih serumpun dengan diet rendah karbo. Dikarenakan tidak adanya referensi yang melatarbelakangi adanya diet DEBM ini, maka kita bisa mengambil penjelasan tentang diet karbo tentang bagaimana cara kerja diet ini bisa dijelaskan.

4 Jenis Diet Menurunkan Berat Badan

Pada prinsipnya, diet ada 4 macam diet untuk menurunkan berat badan yaitu diet rendah kalori, diet rendah karbo, diet detox dan diet golongan darah.

Diet rendah kalori memiliki tujuan supaya tubuh mendapatkan keadaan apa yang disebut “defisit kalori”. Defisit kalori ini adalah keadaan dimana jumlah total kalori yang masuk kedalam tubuh lebih kecil dibandingkan jumlah total kalori yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Diet ini disebut juga diet defisit kalori.

Dengan keadaan seperti ini, maka tubuh akan mengambil persediaan kalori yang tersimpan dalam sel lemak untuk dibakar menjadi energi.

Jadi untuk kunci diet ini harus pintar-pintar menghitung kalori yang dibutuhkan dan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya diet OCD, dan diet 1.200 kalori.

Sedangkan untuk diet jenis kedua yaitu diet rendah karbo, keadaan yang ingin dicapai adalah keadaan “ketosis”. ketosis

Ketosis adalah keadaan dimana tubuh kekurangan kalori dikarenakan asupan glukosa dari karbohidrat tidak mencukupi untuk energi.

Selanjutnya tubuh akan membakar keton dan lemak untuk dikonversi menjadi energi. Keton sendiri adalah zat yang dihasilkan sel lemak. Contohnya diet DEBM, diet keto dan diet karbo.

Diet ini disebut juga diet ketosis.

Selanjutnya adalah diet detox, detox ini tujuan utamanya adalah menghilangkan racun-racun atau toksin dalam tubuh. Namun, sebagai efek positifnya dapat menurunkan berat badan. Contohnya diet smart detox dan diet jus.

Jadi untuk defisit kalori hanya terjadi apabila asupan kalori lebih rendah dari yang dibutuhkan. Kalo anda salah menghitung, bisa jadi kondisi yang diinginkan tidak tercapai.

Sedangkan ketosis tetap akan terjadi selama asupan karbohidrat lebih rendah dari yang dibutuhkan. Jadi yang perlu diperhatikan hanya asupan karbohidrat ke dalam tubuh saja.

2.    Bagaimana cara diet DEBM?

Selanjutnya kita akan lihat,  bagaimana cara diet DEBM ini dilakukan. Untuk melakukan diet ini minimal ada 3 hal yang harus diketahui.

Ketiga hal tersebut yaitu makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi, makanan yang bisa dikonsumsi namun perlu dibatasi dan makanan apa yang sama sekali jadi pantangan untuk dikonsumsi.

Selain itu, anda harus tahu juga bagaimana pola makan untuk menjalankan diet ini. Misalnya bagimana pagi hari diharuskan sarapan yang menganduk protein dan lemak.

Sedangkan pada malam hari tidak diperbolehkan mengkonsumsi sama sekali karbohidrat. Selengkapnya dapat dilihat pada bagian selanjutnya.

3.    Jenis Makanan Diet DEBM Menu

Diet DEBM -Piramida Makanan

Berikut adalah diet DEBM menu makanan yang diperbolehkan :

  • Sayuran: buncis, brokoli,  rebung,  terong, jamur,  tomat,  wortel, paprika, cabe, rebung, lobak dan semua sayuran berwarna hijau/berdaun
  • Buah: hanya alpukat
  • Daging: semua daging (ayam,  sapi,  kambing, kuda dll), semua seafood (udang, kakap,  nila), semua ikan (gurame,  mujair dll),serangga, belut, dan semua daging hewan lain.
  • Produk olahan hewani:telor, susu, keju, butter (bukan mentega), jeroan,  kerupuk kulit.
  • Bumbu dan rempah: bebas termasuk garam dan penyedap rasa.
  • Lain-lain: agar-agar plain (tanpa gula), yoghurt plain.

Diet DEBM menu makanan yang diperbolehkan tapi dibatasi:

  • Stroberi, apel, pir dan jambu air.

Diet DEBM menu makanan yang dilarang (sama sekali tidak boleh) :

  • Beras (semua jenis beras), kentang, ubi-ubian (ubi jalar,  ubi ungu dan singkong).
  • Buah-buahan: mangga,  pepaya, pisang,  semangka,  melon dll

4.    Pola Makan Cara Diet DEBM

Diet DEBM - Jadwal Makan DEBM

Pola makan diet ini sama persis seperti saat anda tidak melakukan program diet. Frekuensi makan tetap 3 kali (sarapan, makan siang dan makan malam) dan diperbolehkan makan makanan ringan diantara waktu makan tersebut.

Hal lain adalah kewajiban untuk minum 3 gelas diantara waktu makan-makan tadi.

Sarapan

Diet ini juga mewajibkan untuk sarapan. Dalam sarapan diet ini, anda diwajibkan sarapan makanan yang mengandung protein hewani seperti ayam, telor,  ikan, sapi atau kambing ditambah buah alpukat atau keju.

Makan Siang

Makan siang, sama seperti sarapan, komposisi makanannya harus banyak mengandung protein ditambah sedikit karbo dari sayur-sayuran (diutamakan wortel).

Makan Malam

Terakhir, makan malam, sama seperti kedua makan sebelumnya protein mendominasi komposisi makan malam diet ini. Selain protein anda masih bisa menambah sedikit karbo (porsi karbo makan malam lebih sedikit dari makan siang tadi).

Diet ini juga membuat deadline untuk melakukan makan malam yaitu jam 6 sore.

Cemilan

Diet DEBM pemula masih memperbolehkan snacking atau makan makanan ringan. Waktuya boleh diantara makan tadi atau sesudah makan malam dengan maksimum deadline jam 9 malam.

Cara diet DEBM pemula ini jangan diterapkan bagi yang sudah menjalankan beberapa waktu.

Tapi ingat cemilannya bukan cemilan biasa tapi cemilan yang tidak mengandung karbohidrat. Kandungan utamanya adalah semua protein seperti telur, keju, plain yoghurt atau alpukat.

Jangan lupa, diet DEBM ini mewajibkan anda minimum minum 3 gelas air putih pada jam 9 dan jam 3. Diluar itu dianjurkan banyak minum air putih. Saat sarapan/makan malam diperbolehkan minum kopi/teh tanpa ditambah krim apalagi gula.

Jadi the dan kopi diminum pahit/tawar. Ada beberapa variasi kopi yang bisa anda konsumsi seperti kopi butter, kopi bulletproof dan susu santan yang sesuai dengan diet DEBM ini.

Kewajiban minum ini sangat bagus untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Apalagi terjadi dehidrasi maka akan menggangu metabolisme tubuh, yang pada akhirnya akan menghambat program diet DEBM ini sendiri.

Pelaku diet DEBM pemula, perubahan makan jangan diubah secara sekaligus namun ubahlah secara bertahap.

Misalkan komposisi makanan untuk makan siang bisa setengah-setengah dulu untuk jenis karbohidratnya (setengah nasi/mie dan setengah sayuran) dan setiap hari karbohidrat dari sayuran harus ditingkatkan sampai dengan tidak ada karbohidrat selain karbohidrat dari sayuran).

Shirataki sebagai Pengganti Karbo

Solusi lain adalah menggantikan nasi/mie biasa dengan nasi shirataki atau mie shirataki. Nasi/mie shirataki ini berasal dari iles-iles sejenis sayuran umbi-umbian yang biasanya ada di hutan-hutan yaitu umbi gajah atau konjac.

Pada masa penjajahan dulu, makanan ini dibuat sebagai makanan pengganti nasi.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Shirataki ini mengandung nol karbohidrat. Namun, beberapa sumber seperti detik.com menyatakan bahwa shirataki ini mengandung  total 15 kalori dari setiap 100 gramnya.

Ada sekitar 0,02 gram mengandung lemak; 3,44 gram mengandung karbohidrat; dan 0,19 gram protein.  Total hampir 97%-nya berupa air dan mengandung serat tinggi yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, shirataki ini juga mengandung glucomannan yang mengandung prebiotik untuk usus sehingga bagus untuk pencernaan seperti mengobati sakit sembelit dan mencegah perut kembung.

Contoh Menu Diet 7 Hari

Senin

Diet DEBM -Hari Pertama

  • Sarapan : susu santan + 1 buah apel
  • Makan Siang : tumis sayuran + ikan bakar + jus strawberry
  • Makan Malam : sosis panggang butter + air jeruk nipis

Selasa

Diet DEBM - Hari Kedua

  • Sarapan : oatmeals + buah beri
  • Makan Siang : Tumis sayuran + jus alpukat
  • Makan Malam : Ayam lada hitam + infused water lemon

Rabu

Diet DEBM -Hari Ketiga

  • Sarapan : Telur orak-arik mozzarella + Kopi sura
  • Makan Siang : Sayur sop ceker/daging+ baso sirataki + es kopi alpukat
  • Makan Malam    : Sosis ayam/sapi bakar lumur butter + infused water strawberi

Kamis

Diet DEBM - Hari Keempat

  • Sarapan : Teh hijau + butter Telur rebus
  • Makan Siang : Terong bakar + ikan bakar
  • Makan Malam : Ayam butter + Infused water mentimun

Jumat

Diet DEBM -Hari Kelima

  • Sarapan : Alpukat santan
  • Makan Siang : Bakmi shirataki jawa + steak
  • Makan Malam : Opor ayam-telur + teh hijau

Sabtu

Diet DEBM - Hari Keenam

  • Sarapan : Omelet + thai tea
  • Makan Siang : Ayam tepung shirataki + salad
  • Makan Malam : Cumi goreng butter + infused water jeruk nipis mint

Minggu

Diet DEBM - Hari Ketujuh

  • Sarapan : Kopi bulletproof
  • Makan Siang : Nasi shirataki goring + babat goreng
  • Makan Malam : Ikan goreng bumbu cape + infused water mentimun

5.    Apa Kekurangan Diet DEBM?

No body’s perfect, termasuk program diet DEBM ini. Mari kita lihat kekurangannya, mari kita membandingkannya dengan diet rendah karbo yang masih serumpun:

  1. Tentang buah-buahan hanya alpukat yang dianjurkan. Buah alpukat seperti buah lainnya adalah buah yang musiman, kadang susah didapat. Tidak ada penjelasan dalam diet DEBM ini mengapa yang lain tidak diperbolehkan.

Sebagai komparasi, pada diet karbo, buah-buahan dan sayuran yang tidak diperbolehkan adalah yang mengandung zat tepung (starchy vegetables/fruits) dan mengandung gula tinggi.

Namun untuk buah-buahan dengan kandungan gula rendah/menengah dianjurakan untuk dimakan. Pada prinsipnya semua buah-buahan segar dapat dimakan karena banyak mengandung vitamin dan antioksidan.

Contoh sayuran mengandung banyak zat tepung: umbi-umbian yang tumbuh dalam tanah,  jagung,  kacang hijau dll.

Contoh buah-buahan mengandung gula tinggi: Plum, jeruk, pir, nanas, asam, ceri, delima,  mangga, pisang dan apel.

Contoh buah yang mengandung gula rendah: semu jenis beri (stroberi, blackberi dll), melon kuning, pepaya, semangka, persik, kiwi, lemon, jambu (guava).

  1. Tidak ada penjelasan latarbelakang ilmiah mengapa diet ini adalah diet yang baik. Dibagian awal tadi sudah dijelaskan sedikit tentang keadaan yang ingin dicapai dalam diet ini.
  2. Untuk sarapan dan makan malam tidak boleh ada asupan karbohidrat. Hal ini mungkin keadaan yang sulit dilakukan. Pada rendah diet karbo yang dibatasi hanya jumlah asupan karbohidrat per hari yaitu antara 30-50 gram per hari tergantung berat badan, dan aktivitas.

Jadi karbohidrat boleh dimakan kapan saja selama.dibawah ambang batas. Namun, karbohidrat yang diperbolehkan hanya karbohidrat komplek yang biasa disebut juga sebagai karbo baik.

6.    Menjawab Kritik Diet DEBM

Diet DEBM Mitos

Ada beberapa kritik tentang diet rendah karbo khususnya diet DEBM ini, seperti :

  1. Mengganggu sistem pencernaan, dengan makan banyak lemak karena lemak merupakan nutrisi yang sulit dicerna dan perut pun membutuhkan suatu enzim untuk memecahnya.
  2. Merusak keseimbangan usus, dikarenakan banyaknya lemak akan mengganggu mikrobioma yang merusak sistem kekebalan tubuh.
  3. Meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti penyakit kardiovaskuler.

Kritik nomor 1 dan 3 tidaklah akan terjadi karena dengan keadaan ketosis tercapai, lemak yang dimakan akan dimetabolisme. Laju metabolisme pada keadaan ketosis lebih tinggi, sehingga lemak yang dikonsumsi tidak akan sempat disimpan dalam tubuh.

Untuk kritik nomor 2, terjadi kesalahan tafsir bahwa diet rendah karbo artinya tidak mengkonsumsi karbohidrat. Namun karbohidrat yang dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks (karbo baik) yang kaya akan serat. Sehingga tidak mengganggu pencernaan namun pencernaan akan bagus karena kaya akan serat.

7.    Batasan Diet DEBM

Batasan diet ini adalah bagi pengidap diabetes, ibu hamil dan pengidap penyakit kardiovaskuler. Untuk menjalani diet ini, bagi orang dengan keadaan hal diatas lebih baik konsultasi terlebih dahulu ke dokter/ahli nutrisi.

Penutup

Silahkan anda buktikan sendiri diet DEBM ini dan silahkan bagikan artikel “7 Hal Yang Wajib Anda Mengerti tentang Diet DEBM” ini jika anda merasa artikel bermanfaat bagi anda atau yang lain.

Sebelum diakhiri, jadi anda mau pilih mana,  diet DEBM original atau diet DEBM hasil modifikasi diet rendah karbo? Tinggalkan komentar anda dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *