3 Ciri-Ciri Sakit Jantung yang Berbahaya Jika Anda Abaikan!

Ciri-ciri sakit jantung

Ciri-ciri sakit jantung

Ciri-ciri sakit jantung memiliki karakteristik berbeda-beda tergantung pada jenis penyakit jantungnya. Setiap jenisnya menghasilkan ciri-cari gejala sakit jantung yang berbeda.

Ciri-ciri gejala penderita sakit jantung akan mengalami hal-hal seperti sakit dada atau ketidaknyamanan, jantung berdebar, pusing atau pusing, pingsan, kelelahan, dan sesak napas.

Namun, terkadang ciri-ciri gejala awal sakit jantung tidak terlihat sama sekali. Sangat berbeda dengan ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah.

 

DAFTAR ISI

 

Ciri-Ciri Sakit Jantung yang Sering Terjadi

Berikut adalah beberapa ciri-ciri sakit jantung yang paling sering ditemukan:

Nyeri Dada atau Ketidaknyamanan

Ciri-ciri sakit jantung

Gejala nyeri di dada seringkali banyak diabaikan dan dianggap tidak penting dikarenakan banyak hal. Salah satunya adalah karena  nyeri di dada bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, gejala sakit dada ini merupakan gejala saki jantung yang paling umum jadi sehingga hal ini sangat berbahaya dan tidak boleh diabaikan atau dianggap tidak penting.

Nyeri dada ini merupakan istilah yang tidak tepat. Ini sering digunakan untuk menggambarkan rasa sakit, tekanan, meremas, tersedak, mati rasa, atau ketidaknyamanan lainnya di dada, leher, atau perut bagian atas, dan sering juga dikaitkan dengan rasa sakit di rahang, kepala, atau lengan.

Nyeri dada dapat berlangsung dari kurang dari satu detik hingga beberapa hari atau minggu; mungkin sering terjadi atau jarang; tergantung pada penyebabnya. Nyeri dada ini dapat terjadi sepenuhnya secara acak atau dalam keadaan yang dapat diprediksi. Memilah-milah variasi ini dapat membantu dokter anda untuk menentukan penyebab sebenarnya dari ketidaknyamanan dada anda, khususnya, apakah itu mewakili angina atau masalah serius lainnya.

 

Palpitasi

Ciri-ciri sakit jantung

Kelainan mencolok dalam detak jantung anda diklasifikasikan sebagai jantung berdebar seperti detak jantung yang cepat, luar biasa kuat, atau tidak teratur, Detak jantung seperti hal itu merupakan ciri-ciri sakit jantung yang sangat umum.

Keluhan orang tentang jantung berdebar merupakan gambaran baik sebagai “lompatan” pada detak jantung (yaitu, jeda, sering diikuti oleh detak yang sangat kuat) atau sebagai periode detak jantung yang cepat dan / atau tidak teratur.

Orang dengan palpitasi biasanya memiliki beberapa jenis aritmia jantung, irama jantung yang tidak normal. Ada banyak jenis aritmia, dan hampir semua dapat menyebabkan jantung berdebar. Penyebab palpitasi yang paling umum adalah kompleks atrium prematur (Premature Atrial Complexes – PAC), kompleks ventrikel prematur (Premature Ventricular Complexes – PVC), episode fibrilasi atrium, dan episode takikardia supraventrikular (Supraventricular Tachycardia – SVT).

Sayangnya, kadang-kadang, jantung berdebar dapat menandakan aritmia jantung yang lebih berbahaya, seperti takikardia ventrikel. Palpitasi cenderung menandakan penyebab serius jika disertai dengan periode sakit kepala ringan atau pusing.

 

Sakit Kepala atau Pusing

Ciri-ciri sakit jantung

Sakit kepala ringan atau pusing dapat memiliki banyak penyebab termasuk didalmnya anemia (jumlah darah rendah) dan kelainan darah lainnya; dehidrasi; penyakit virus; istirahat di tempat tidur yang lama; diabetes; penyakit tiroid; gangguan pencernaan; penyakit hati; penyakit ginjal; penyakit pembuluh darah; kelainan saraf; disautonomias; episode vasovagal; gagal jantung; dan aritmia jantung.

Karena begitu banyak kondisi yang berbeda dapat menghasilkan gejala-gejala ini, jika Anda mengalami sakit kepala ringan atau pusing, Anda harus melakukan pemeriksaan menyeluruh dan lengkap oleh dokter Anda.

 

Kelelahan, Kelesuan, atau Kantuk Siang Hari

Ciri-ciri sakit jantung

Kelelahan, kelesuan, dan mengantuk (kantuk di siang hari) adalah gejala yang sangat umum. Kelelahan atau kelesuan dapat dianggap sebagai keletihan, keletihan, atau hilangnya antusiasme yang membuatnya sulit untuk berfungsi pada tingkat normal Anda.

Kantuk di siang hari atau disebut juga somnolence menunjukan bahwa anda sangat membutuhkan tidur atau, lebih buruk lagi, bahwa anda tiba-tiba tertidur di siang hari, suatu kondisi yang dikenal sebagai narkolepsi.

Kelelahan dan kelesuan memamng bisa menjadi salah ciri-ciri sakit jantung (terutama gagal jantung), namun gejala umum dan tidak spesifik ini juga bisa disebabkan oleh gangguan pada hampir semua sistem organ lain di dalam tubuh.

Jika Anda mengalami kelelahan atau lesu, anda memerlukan evaluasi medis umum untuk mulai merinci penyebab tertentu.

Kantuk siang hari sering juga disebabkan oleh gangguan tidur nocturnal (tidur pada malam hari) seperti sleep apnea, sindrom kaki gelisah, atau insomnia. Namun, semua gangguan tidur ini lebih sering terjadi jika anda menderita penyakit jantung.

 

Dispnea (Sesak Nafas)

Ciri-ciri sakit jantung

Dispnea, merupakan istilah medis untuk sesak napas. Hal ini paling sering merupakan gejala gangguan jantung atau paru-paru. Gagal jantung dan penyakit arteri koroner sering menyebabkan sesak napas di antara gejala-gejala lainnya.

Jika anda mengalami gagal jantung, anda mungkin biasanya mengalami dispnea dengan aktivitas, atau ortopnea, yang merupakan dispnea saat berbaring datar.

Anda juga mungkin tiba-tiba terbangun di malam hari terengah-engah, suatu kondisi yang dikenal sebagai dispnea nokturnal paroksismal.

Kondisi jantung lainnya seperti penyakit katup jantung atau penyakit perikardial dapat menghasilkan gejala dispnea, seperti halnya aritmia jantung.

 

Syncope (Pingsan / Kehilangan Kesadaran)

Ciri-ciri sakit jantung

Sinkop adalah hilangnya kesadaran atau pingsan secara tiba-tiba dan sementara. Hal ini merupakan gejala umum (kebanyakan orang pingsan setidaknya sekali dalam hidup mereka) dan sering tidak menunjukkan masalah medis yang serius.

Namun, terkadang sinkop ini merupakan petunjuk kondisi yang berbahaya atau bahkan mengancam jiwa, jadi penting untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab sinkop dapat dikelompokkan ke dalam empat kategori utama yaitu neurologis, metabolisme, vasomotor, dan jantung.

Dari jumlah tersebut, hanya sinkop jantung yang membawa ancaman serius yang menyebabkan kematian mendadak.

Sinkop vasomotor, biasa disebut sinkop vasovagal, sejauh ini merupakan penyebab paling umum. Itu terjadi ketika tubuh Anda bereaksi terhadap pemicu tertentu seperti stres emosional yang parah atau melihat darah atau jarum.

Sinkop neurologis dan metabolisme relatif jarang.

Jika anda mengalami gejala seperti kehilangan kesadaran harus dievaluasi oleh dokter.

kembali ke DAFTAR ISI

 

Ciri-Ciri Gejala Sakit Jantung Berdasarkan Kondisi

Berikut adalah ciri-sari sakit jantung berdasarkan gejala yang umum pada beberapa jenis utama penyakit jantung, termasuk penyakit aterosklerotik, aritmia jantung, penyakit katup jantung, infeksi jantung, dan gagal jantung.

Penyakit Aterosklerotik

Ciri-ciri sakit jantung

Aterosklerosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Gejala ini terjadi saat plak aterosklerotik menghalangi aliran darah ke satu atau lebih organ vital tubuh, terutama menuju jantung atau otak. Gejala aterosklerosis seringkali meliputi:

  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada dada Anda, termasuk sesak atau tertekan (angina)
  • Napas pendek (dispnea)
  • Mati rasa, lemah, dingin, atau sakit di kaki atau lengan Anda
  • Nyeri di leher, rahang, punggung, perut bagian atas, atau tenggorokan
  • Mual
  • Kelelahan

Aritmia Jantung

Ciri-ciri sakit jantung

Banyak orang dengan aritmia jantung (detak jantung abnormal) tidak menunjukan gejala apa pun. Semua jenis aritmia memiliki potensi untuk menghasilkan palpitasi, kelemahan, atau sakit kepala ringan.

Gejala-gejala lain dapat termasuk:

  • Detak jantung lambat (bradikardia)
  • Detak jantung cepat (takikardia)
  • Nyeri di dada Anda
  • Sesak napas
  • Merasa pusing
  • Pingsan (sinkop)

Penyakit Katup Jantung

Ciri-ciri sakit jantung

Ciri-ciri sakit jantung jenis penyakit katup jantung sangat tergantung pada jenis katup mana yang tidak berfungsi dengan benar, tetapi dapat meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Sesak napas
  • Kelelahan
  • Detak jantung tak teratur
  • Kaki atau pergelangan kaki bengkak
  • Nyeri di dada Anda
  • Pingsan

Infeksi Jantung

Ciri-ciri sakit jantung

Ciri-ciri sakit jantung, yang diakibatkan Anda memiliki infeksi di jantung Anda adalah termasuk:

  • Demam/badan panas;
  • Kedinginan/menggigil;
  • Berkeringat di malam hari;
  • Sesak napas;
  • Kelelahan;
  • Kelemahan;
  • Bengkakan pada kaki, atau perut Anda;
  • Detak jantung tidak normal;
  • Nyeri di bagian tengah atau kiri dada Anda yang sering memburuk ketika Anda berbaring atau menarik napas dalam-dalam;
  • Batuk kering yang tidak berhenti dan berlangsung lama;
  • Timbulnya ruam atau bintik-bintik aneh;
  • Berat badan bertambah;

Gagal Jantung

Ciri-ciri sakit jantung

Ciri-ciri sakit jantung berjenis gagal jantung disebabkan oleh otot jantung yang lemah dan juga merupakan potensial komplikasi penyakit jantung. mungkin tidak menunjukan ciri-ciri gejala awal sakit jantung.

Jka semakin memburuk, gejala yang paling menonjol adalah sesak napas (dispnea) saat Anda beristirahat, menjadi mudah lelah, dan detak jantung tidak teratur yang mungkin terasa cepat atau seperti berdebar.

Ciri-ciri sakit jantung lain karena gagal jantung ini dapat termasuk:

  • Pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan kaki Anda
  • Merasa pusing atau pusing
  • Pingsan

Komplikasi Sakit Jantung

Potensial komplikasi penyakit jantung dapat menggambarkan betapa pentingnya mendapatkan perawatan dan menjalani gaya hidup sehat. Komplikasi sakit jantung termasuk:

Gagal Jantung

Ciri-ciri sakit jantung

Salah satu komplikasi paling umum dari sakit jantung adalah gagal jantung. Gagal jantung ini terjadi saat jantung Anda menjadi rusak dan lemah, sehingga tidak mampu memompakan darah Anda seperti seharusnya.

Gagal jantung dapat disebabkan oleh bermacam-macam jenis penyakit jantung seperti serangan jantung, penyakit arteri koroner, tekanan darah tinggi, kelainan jantung bawaan, kelainan katup, dan infeksi jantung.

Serangan Jantung

Ciri-ciri sakit jantung

Serangan jantung terjadi saat adanya penyumbatan pada satu atau lebih arteri koroner Anda. Penyakit aterosklerotik biasanya merupakan penyebab utama komplikasi sakit jantung ini.

 

Stroke

Ciri-ciri sakit jantung

Selain serangan jantung diatas, penyakit aterosklerotik dapat menyebabkan penyakit stroke. Stroke terjadi ketika arteri ke otak Anda tersumbat dan tidak memungkinkan aliran darah yang cukup. Jika hal ini terjadi, keadaan ini merupakan keadaan darurat karena jaringan otak Anda mulai mati dalam beberapa menit setelah ini terjadi.

 

Aneurisma

Ciri-ciri sakit jantung

Aneurisma merupakan tonjolan pada dinding arteri. Keadaan ini dapat terjadi di mana saja di tubuh Anda. Hal ini dapat mengancam jiwa jika tonjolan tersebut pecah. Salah satu penyebab aneurisma antara lain lagi-lagi aterosklerosis, atau disebabkan juga oleh pengerasan pembuluh darah.

Penyakit Arteri Perifer (Peripheral Artery Disease)

Ciri-ciri sakit jantung

Jenis penyakit aterosklerotik ini secara teknis merupakan komplikasi dari keadaan aterosklerosis. Jika anda memiliki kelainan arteri perifer terutama kaki anda. Hal ini juga berpotensi menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan infeksi. Arteri perifer ini merupakan pembuluh yang ke bagian ujung tubuh anda,

Serangan Jantung Mendadak (Sudden Cardiac Arrest)

Ciri-ciri sakit jantung

Serangan jantung mendadak (sudden cardiac arrest) ini sering disebabkan oleh aritmia jantung (detak jantung tidak normal), sudden cardiac arrest terjadi ketika jantung Anda berhenti bekerja, menyebabkan Anda kehilangan kesadaran dan berhenti bernapas.

Jika Anda tidak mendapatkan perawatan darurat, itu akan berakibat kematian.

kembali ke DAFTAR ISI

 

Kapan Harus Mengunjungi Dokter

Ciri-ciri sakit jantung

Ciri-ciri sakit jantung yang paling umum tadi disebabkan oleh penyakit jantung namun juga dapat dihasilkan oleh kondisi medis lainnya, dari sangat serius hingga seluruhnya jinak.

Jika anda mengalami salah satu ciri-ciri sakit jantung di atas, Anda perlu evaluasi oleh dokter untuk mengidentifikasi penyebab sesungguhnya. Ini merupakan gejala yang tidak boleh diabaikan.

Selain itu, bagi anda pria yang mengalami kesulitan untuk ereksi, terutama jika masalahnya sudah bertahap. Hal ini hampir bisa dipastikan sebagai salah satu tanda pertama dari penyakit jantung atau diabetes. Pastikan untuk mengunjungi dokter anda segera setelah ada masalah dengan disfungsi ereksi.

Jika Anda memiliki riwayat kesehatan keluarga anda memiliki penyakit jantung atau anda khawatir tentang risikonya, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda.

Tetap proaktif dalam hal kesehatan jantung Anda dapat membantu Anda mendeteksi masalah sejak dini, memberi Anda hasil potensial yang lebih baik.

kembali ke DAFTAR ISI

 

Kapan Wajib Pergi ke Rumah Sakit

Anda perlu mencari perawatan darurat jika Anda memiliki ciri-ciri sakit jantung sebagai berikut:

Sakit Dada

Ciri-ciri sakit jantung

Nyeri dada harus selalu dianggap sebagai gejala serius karena dapat mengindikasikan situasi darurat. Jika Anda mengalami nyeri dada dan salah satu dari faktor-faktor ini berlaku bagi Anda, Anda harus mencari perawatan darurat:

  • Anda memiliki riwayat keluarga yang kuat akan penyakit jantung dini.
  • Anda berusia 40 tahun atau lebih dan Anda memiliki salah satu faktor risiko penyakit arteri koroner, termasuk obesitas, merokok, riwayat keluarga, diabetes, kolesterol tinggi, atau gaya hidup yang tidak banyak bergerak.
  • Nyeri ini lebih buruk daripada nyeri dada lainnya yang pernah Anda alami.
  • Rasa sakitnya menyebar ke leher, bahu, lengan, punggung, atau rahang.
  • Rasa sakitnya sangat keras, kencang, berat, atau terasa seperti meremas.
  • Anda juga merasa mual, lemah, napas pendek, pusing, berkeringat, atau pingsan.
  • Anda merasa ada sesuatu yang sangat salah.
  • Rasa sakitnya semakin memburuk seiring waktu.
  • Sakitnya tidak seperti apa pun yang pernah Anda alami sebelumnya.

Gejala Serangan Jantung

Ciri-ciri sakit jantung

Jika Anda memiliki gejala serangan jantung, pastikan untuk mencari perawatan medis darurat. Gejala-gejala ini termasuk:

  • Nyeri dada, lengan, tekanan, atau ketidaknyamanan yang mungkin menyebar ke leher, punggung, atau rahang Anda
  • Sesak napas
  • Mulas, gangguan pencernaan, mual, atau sakit di perut Anda
  • Berkeringat dingin
  • Kelelahan
  • Merasa pusing atau pusing

Gejala Stroke

Ciri-ciri sakit jantung

Jika Anda memiliki gejala stroke, maka perlu mencari perawatan medis darurat. Ini termasuk:

  • Kesulitan berbicara atau kesulitan memahami orang lain ketika mereka sedang berbicara
  • Kebingungan
  • Kelemahan
  • Mati rasa atau lumpuh pada lengan, wajah, atau kaki Anda, biasanya di satu sisi tubuh Anda
  • Gangguan penglihatan seperti buram, hitam, atau penglihatan ganda di satu atau kedua mata
  • Sakit kepala parah
  • Pusing dan kehilangan koordinasi
  • Pingsan
  • Sulit bernafas

Sudden Cardiac Arrest

Ciri-ciri sakit jantung

Serangan jantung mendadak terjadi cepat, dan dapat mengakibatkan kematian jika tidak segera diobati. Segera hubungi rumah sakit jika orang yang dicintai memiliki gejala-gejala ini:

  • Jatuh tiba-tiba;
  • Tidak ada denyut nadi;
  • Tidak bernafas;
  • Tidak sadar.

kembali ke DAFTAR ISI

Demikian 3 ciri-ciri sakit jantung yang berdasarkan  kondisi-kondisi yang ada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *