17 Buah Penurun Darah Tinggi Paling Efektif dan Cara Konsumsinya

Hal paling gampang untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda dengan mengkonsumsi buah-buahan yang digolongkan sebagai “buah penurun darah tinggi” menurut Asosiasi Tekanan darah tinggi Inggris.

Besar Porsi Konsumsi Buah Penurun Darah Tinggi

Besar Porsi Konsumsi Buah Penurun Darah Tinggi

Setiap orang harus konsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayuran yang berbeda setiap hari. Hal ini untuk membantu meningkatkan asupan potasium mereka dan menurunkan tekanan darah mereka.

Porsi konsumsinya adalah 80 gram, atau kira-kira seukuran kepalan tangan Anda.

Jumlah berikut mewakili porsi dimaksud:

  • Satu buah ukuran sedang (apel, jeruk, pir atau pisang)
  • Dua buah lebih buah kecil (prem, aprikot, satsumas)
  • Satu irisan buah besar (melon, nanas atau mangga)
  • Dua hingga tiga sendok makan beri atau anggur
  • Segelas (150ml) jus buah
  • Satu sendok makan buah kering

Jika Anda tidak terlalu menyukai buah segar, kabar baiknya adalah buah-buahan yang dikeringkan bisa sama baiknya dengan segar. Namun Anda harus berhati-hati, jangan sampai mereka mengandung garam, gula, atau lemak tambahan.

Berikut adalah daftar buah penurun darah tinggi menurut organisasi di Inggris yang concern terhadap kesehatan tekanan darah (Blood Pressure UK).

Daftar Buah Penurun Darah Tinggi

Buah penurun darah tinggi berikut ini sangat kaya akan kandungan kalium dan akan membantu Anda dalam mengendalikan tekanan darah:

Beri-Berian

Buah penurun darah tinggi dalam daftar adalah beri-berian. Beri terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Satu studi menemukan bahwa mengkonsumsi senyawa ini dapat mencegah tekanan darah tingg (hipertensi) dan membantu menurunkan tekanan darah.

Blueberry dapat dianggap sebagai berry serbaguna: Harga terjangkau, berwarna indah, lezat, dan ideal untuk dimakan sendiri sebagai camilan atau sereal, smoothie, salad, muffin, atau pai. Sebuah tanaman berbunga, blueberry ada dalam genus Vaccinium, yang juga termasuk cranberry, bilberry, dan huckleberry.

Blueberry, termasuk varietas liar (lowbush) dan budidaya (highbush), adalah salah satu dari sedikit buah yang berasal dari Amerika Utara.

Blueberry, raspberry, dan stroberi mudah ditambahkan ke dalam diet Anda. Anda bisa meletakkannya di sereal sarapan pagi hari, atau menyimpan buah beku untuk hidangan penutup yang cepat dan sehat.

Blueberry mungkin kecil tetapi penelitian menunjukkan mereka kuat dalam membantu menjaga kesehatan. Selain terbukti membantu menjaga daya ingat dan mencegah penurunan kognitif, blueberry tampaknya meningkatkan kesehatan jantung.

Blueberry sangat bermanfaat sebagian karena kaya akan serat yang menyehatkan jantung. Serat adalah bagian karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang membantu dalam kenyang, membantu mengatur usus, membantu menarik kolesterol menjauh dari jantung, dan membantu menstabilkan gula darah.

Buah ini juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai polifenol, yang merupakan semacam zat serba guna untuk kesehatan yang baik. Blueberry secara khusus mengandung anthocyanin, antioksidan yang mungkin bermanfaat bagi jantung dengan meningkatkan aliran darah dan melawan penumpukan plak.

Mengkonsumsi makanan dengan anthocyanin juga dapat membantu menangkal kanker.

Pisang

Buah penurun darah tinggi selanjutnya adalah pisang. Apakah kalori pisang berbeda dari kalori dari buah-buahan lain? Ada beberapa ahli yang akan memberi tahu bahwa pisang akan merusak diet Anda. Kemudian lagi, para ahli kesehatan mendorong Anda untuk makan lebih banyak buah dan sayuran segar yang lain. Ini bisa membuat Anda bertanya-tanya apakah nutrisi pisang baik atau buruk.

Selain kaya dengan kalsium, pisang juga kaya dengan vitamin sehat dan sumber energi yang bagus. Jika Anda seorang pecinta pisang masih dapat menikmati buah ini, Anda hanya ingin menjaga porsi dalam kontrol dan memilih pisang dengan bijak.

Pisang memiliki kalori yang sedikit lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya, tetapi pisang memiliki banyak manfaat yang ditawarkan. Makan pisang memberikan energi yang membantu meningkatkan rasa kenyang. Pisang memberikan dosis serat yang bergizi. Serat penting karena membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda makan lebih sedikit di siang hari membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Vitamin C adalah manfaat lain dari makan pisang dan pisang berukuran sedang dapat memberi Anda sekitar 17 persen dari nilai harian Anda. Ini adalah vitamin utama karena membantu memperbaiki jaringan dan dapat membantu menyembuhkan luka. Vitamin C juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, kulit, otot, dan pembuluh darah.

Jika Anda menikmati pisang di sisi hijau, Anda juga bisa mendapat manfaat dari pati resistennya. Ini dapat membantu menjaga usus besar Anda tetap sehat dengan memperkenalkan bakteri baik.

Ketika Anda membandingkan nutrisi pisang dengan nutrisi camilan 100 kalori lainnya yang ramah diet, pisang terlihat cukup baik. Kudapan yang mudah dibawa ini dapat membantu mengekang mengidam untuk camilan manis yang jauh lebih baik daripada kudapan atau buah kering. Pisang juga rendah lemak jenuh, natrium, dan kolesterol.

Delima

Delima adalah buah sehat yang bisa Anda nikmati mentah atau sebagai jus. Satu studi menyimpulkan bahwa minum secangkir jus delima sehari sekali selama empat minggu membantu menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek.

Delima adalah buah merah ruby ​​dengan biji berair — disebut arils — yang dapat ditambahkan ke salad, koktail, dan bahkan makanan pembuka berbasis daging atau pasta. Buah serbaguna ini dan jusnya menyediakan vitamin dan mineral penting dan juga dapat meningkatkan asupan serat Anda. Kalori delima dan jumlah karbohidrat sedikit bervariasi tergantung pada buah yang Anda beli, tetapi menambahkannya ke makanan Anda adalah pilihan cerdas jika Anda ingin tetap sehat.

Orang-orang yang menikmati delima segar dapat memperoleh manfaat kesehatan dan kecantikan tertentu ketika mereka memasukkan makanan dalam diet mereka.

Kandungan vitamin dalam delima, misalnya vitamin C (asam L-askorbat) sangat penting untuk struktur tulang, tulang rawan, otot, dan pembuluh darah yang baik. Ini juga membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan penyembuhan luka. Namun, beberapa situs kecantikan mempromosikan manfaat mikronutrien ini yang melampaui apa yang telah dibuktikan oleh studi ilmiah, misalnya, yang menyatakan bahwa aktivitas antioksidan vitamin C dapat meminimalkan tanda-tanda penuaan dan mencegah penyakit.

Menurut National Institutes of Health, “penelitian yang sedang berlangsung sedang memeriksa apakah vitamin C, dengan membatasi efek merusak dari radikal bebas melalui aktivitas antioksidannya, dapat membantu mencegah atau menunda perkembangan kanker tertentu, penyakit kardiovaskular, dan penyakit lain di mana oksidatif stres memainkan peran kausal.”

Selain sebagai buah penurun tekanan darah, Anda juga akan mendapatkan serat yang sehat saat mengonsumsi buah delima. Sebagian besar dari kita tidak mendapatkan cukup serat dalam makanan kita setiap hari. Serat membantu meningkatkan rasa kenyang, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan dapat membantu menurunkan kolesterol darah.

Kiwi

Buah penurun darah tinggi selanjutnya adalah buah ikonik Selandia Baru yaitu Kiwi. Menurut hasil sebuah penelitian, satu porsi kiwi setiap hari dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan gejala hipertensi. Para peneliti membandingkan efek apel dan kiwi pada orang dengan tekanan darah sedikit tinggi.

Mereka menemukan bahwa makan tiga kiwi sehari selama 8 minggu menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih signifikan, dibandingkan dengan makan satu apel sehari untuk periode yang sama. Para penulis menduga bahwa zat bioaktif dalam kiwi menyebabkan pengurangan.

Buah kiwi juga kaya akan vitamin C, yang secara signifikan dapat meningkatkan pembacaan tekanan darah pada orang yang mengonsumsi sekitar 500 mg vitamin setiap hari selama sekitar 8 minggu.

Kiwi juga mudah ditambahkan ke makan siang atau smoothie.

Semangka

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Citrulline membantu tubuh memproduksi nitric oxide, gas yang mengendurkan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas dalam arteri. Efek ini membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan prehipertensi atau hipertensi ringan yang mengonsumsi ekstrak semangka menunjukkan penurunan tekanan darah di pergelangan kaki dan arteri brakialis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas.

Para peneliti juga menemukan bahwa hewan yang diberi makanan kaya semangka memiliki kesehatan jantung yang lebih baik. Dalam satu studi, tikus yang minum larutan yang mengandung jus semangka memiliki plak 50 persen lebih sedikit di arteri mereka daripada kelompok kontrol.

Tikus yang meminum larutan ini juga memiliki kolesterol lipoprotein densitas rendah 50 persen lebih sedikit, yang banyak digambarkan sebagai kolesterol jahat, dan mereka menunjukkan 30 persen lebih sedikit kenaikan berat badan daripada hewan kontrol.

Untuk meningkatkan asupan buah penurun darah tinggi ini, tambahkan buah ke salad dan smoothie, atau menikmatinya dalam sup semangka dingin.

Alpukat

Beberapa ahli nutrisi menyebut alpukat sebagai makanan super. Buah beraroma ini memberikan manfaat kesehatan saat Anda menambahkannya ke hidangan favorit Anda. Tetapi ketika Anda melihat nutrisi alpukat, Anda mungkin akan terkejut.

Tidak hanya kalori alpukat tinggi, tetapi sebagian besar kalori berasal dari lemak. Jadi, haruskah Anda memasukkan buah ini ke dalam makanan Anda? Banyak pemakan sehat melakukannya, tetapi hanya dalam jumlah sedang.

Bahkan jika Anda makan lebih banyak alpukat dari yang seharusnya, Anda tetap memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

Alpukat tinggi lemak, tetapi tidak tinggi lemak jenuh. Sebaliknya, mereka memberikan dosis lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang dianggap sebagai lemak “baik”. Lemak tak jenuh tunggal atau MUFA berasal dari sumber tanaman dan mungkin membantu menurunkan LDL atau kolesterol “jahat” Anda.

Karena alasan ini, Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan Anda memilih makanan dengan lemak tak jenuh tunggal alih-alih lemak jenuh.

Alpukat juga menyediakan serat. Makan makanan dengan serat dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan lebih puas. Makan sehat dan ahli penurunan berat badan umumnya merekomendasikan bahwa pelaku diet mengonsumsi makanan dengan serat untuk membantu mereka makan lebih sedikit dan menciptakan defisit kalori yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan.

Alpukat juga dapat melakukan keajaiban untuk tingkat tekanan darah Anda yang melonjak. Sebagai buah penurun darah tinggi, secara alami, alpukat dikemas dengan asam oleat, yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Alpukat juga kaya akan kalium dan folat, yang keduanya baik untuk jantung. Sebagai harta karun antioksidan, alpukat dimuat dalam vitamin A, K, B & E dan juga serat.

Jeruk

Buah penurun darah tinggi yang paling popular adalah jeruk. Minum jus jeruk adalah cara paling populer untuk mengonsumsi jeruk dan sering disajikan dengan sarapan. Ini bisa baik untuk Anda karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang mungkin baik untuk kesehatan Anda.

Dikemas dengan rasa jeruk yang tajam dan beberapa antioksidan, jeruk juga bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda. Buah ini mengandung serat jantung dan vitamin C yang tinggi. Lebih disarankan untuk mengonsumsi seluruh buah di atas jus, untuk memastikan Anda tidak kehilangan serat yang sehat.

Vitamin C yang ditemukan dalam jeruk sangat penting untuk dinding pembuluh darah yang sehat dan jaringan ikat yang terletak di bawah kulit Anda.

Ini juga penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang normal. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang mungkin memiliki manfaat kesehatan dengan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jus jeruk juga merupakan sumber folat yang baik yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan untuk membantu mencegah cacat lahir yang disebut spina bifida. Dan tinggi dalam dua mineral penting, kalium, dan zat besi. Kalium sangat penting untuk fungsi saraf dan otot, dan bekerja melawan natrium untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan tekanan darah.

Satu jeruk berukuran rata-rata memiliki sekitar 60 kalori, 15 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Tetapi vitamin C juga hanya mengandung 70 miligram. Itu masih merupakan jumlah yang besar, tetapi Anda akan mendapatkan lebih banyak vitamin C dengan segelas jus jeruk.

Makan jeruk adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dosis vitamin C dan kalium harian Anda, plus serat. Meskipun sebagian besar jeruk dikonsumsi sebagai jus pada waktu sarapan, ada banyak cara untuk memasukkan lebih banyak jeruk segar ke dalam hari Anda. Misalnya, Anda bisa makan jeruk dari tangan sebagai camilan sore hari, atau menambahkan bagian jeruk ke salad yang disajikan dengan jeruk citrus tajam.

Apel

Sering disebut “makanan ajaib” dan “pembangkit tenaga gizi,” sebuah apel sehari benar-benar dapat membuat dokter menjauh karena mereka adalah salah satu makanan paling sehat yang bisa dimakan seseorang. Buah bulat dan berair ini kaya serat dan vitamin C, dan juga rendah kalori, hanya mengandung sedikit natrium, dan tidak mengandung lemak atau kolesterol.

“Apel kaya akan polifenol, yang berfungsi sebagai antioksidan,” kata Laura Flores, ahli gizi yang berbasis di San Diego. “Polifenol ini ditemukan di kulit apel maupun di daging, sehingga untuk mendapatkan jumlah terbesar dari manfaatnya, makan kulit apel.”

Semua manfaat ini berarti bahwa apel dapat mengurangi efek asma dan penyakit Alzheimer, sambil membantu manajemen berat badan, kesehatan tulang, fungsi paru dan perlindungan saluran cerna. Dan jangan lupa apel adalah salah satu buah penurun darah tinggi dalam daftar kita.

Pir

Pir adalah salah satu buah paling populer di dunia. Hal ini tidak mengherankan, selain sebagai buah penurun darah tinggi. mereka adalah sumber serat yang sangat baik dan memiliki vitamin C hanya 100 kalori per porsi. Dan mereka bebas sodium, bebas lemak, dan bebas kolesterol. Itu banyak nutrisi dalam satu paket manis dan juicy! Makan berbagai buah-buahan dan sayuran adalah dasar untuk gaya hidup sehat, dan buah pir adalah bagian yang lezat dari menu ini.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti pir mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian secara keseluruhan sambil mempromosikan kulit yang sehat, peningkatan energi, dan berat badan yang lebih rendah.

Plum

Plum sangat bergizi, dengan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan, salah satunya adalah sebagai buah penurun darah tinggi.

Mereka mengandung banyak vitamin dan mineral, selain serat dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Anda dapat mengonsumsi plum segar atau kering. Plum kering, atau prem, dikenal untuk meningkatkan beberapa kondisi kesehatan, termasuk sembelit dan osteoporosis.

Aprikot

Aprikot segar atau kering adalah buah yang rasanya manis alami. Mereka kaya akan beta-karoten, memberi mereka warna oranye yang indah. Aprikot dapat dimakan seluruhnya, dikeringkan, dikalengkan, atau sebagai pengawet. Walaupun mereka relatif tinggi gula, Anda dapat menikmati manfaat nutrisinya jika Anda mempertahankan porsi satu porsi dan menghindari makan makanan yang dibuat dengan pengawet aprikot atau tambahan gula.

Aprikot mengandung fitonutrien, termasuk antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan beta-karoten. Ini dapat melindungi sel-sel Anda dari kerusakan. Aprikot mengandung serat larut yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol darah dan serat tak larut yang berkontribusi terhadap kesehatan pencernaan.

Buah penurun darah tinggi yang disebut juga sebagai “Nektar para dewa” yang dinikmati oleh dewa-dewa Yunani dan Romawi. Hal merujuk pada keyakinan bahwa jus dan ampas yang dinikmati dewa-dewa berasal dari aprikot segar.

Melon

Buah penurun darah tinggi paling umum di Indonesia adalah melon. Mereka sangat tinggi nutrisi dan gula relatif rendah dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Mereka juga mengandung volume air yang besar (sekitar 90 persen). Semua ini menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk membantu hidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan Anda.

Vitamin A yang ditemukan dalam blewah penting untuk kesehatan mata. Asupan vitamin A yang cukup dapat membantu penglihatan Anda tetap tajam dan sehat.

Ini juga membantu dalam penglihatan malam dan membantu Anda melihat warna. Vitamin C membantu penyembuhan luka dan membantu tubuh Anda membuat kolagen, protein penting untuk mempertahankan tulang dan kulit yang kuat.

Makanan yang kaya akan beta-karoten, seperti blewah, juga memberikan manfaat antioksidan. Ini mungkin terkait dengan pengurangan penyakit tertentu, seperti penyakit jantung dan kanker.

Nanas

Nanas enak dan bergizi. Tapi tahukah Anda bahwa mereka juga cukup tinggi gula? Karena itu, jika Anda menderita diabetes atau mengikuti diet rendah karbohidrat, yang terbaik adalah mengatur porsi konsumsi nanas Anda dengan hati-hati. Bagi sebagian konsumen pengidap tekanan darah tinggi, buah ini bisa menjadi pilihan cerdas sebagai buah penurun darah tinggi.

Nanas memiliki beberapa manfaat kesehatan yang agak menarik berkat nutrisi yang ditemukan dalam buah.

Nanas juga diketahui mengandung zat anti-inflamasi bromelain. Campuran enzim ini dianggap paling efektif dalam kondisi peradangan seperti radang sendi, sinusitis, dan bahkan ketegangan otot, keseleo, dan cedera lainnya. Bromelain juga dikatakan membantu pencernaan. Bukti awal menunjukkan bahwa itu mungkin berguna dalam perawatan kanker, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Namun, para peneliti mencatat bahwa jumlah bromelain yang ditemukan dalam nanas tidak cukup untuk bertindak sebagai obat. Suplemen bromelain dan perawatan topikal tersedia untuk tujuan ini. Namun, ada efek samping, interaksi obat, dan tindakan pencegahan untuk kondisi medis tertentu. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum menggunakan nanas atau bromelain untuk tujuan pengobatan.

Mangga

Mangga adalah buah tropis yang tidak hanya berair, beraroma, dan cantik untuk dilihat tetapi juga baik untuk kesehatan Anda. Mereka kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Bertahun-tahun yang lalu, mereka sulit ditemukan dan dianggap eksotis, tetapi hari ini mangga sudah tersedia sepanjang tahun. Buah ini bisa dipilih sebagai salah satu buah penurun darah tinggi Anda.

Mangga kaya akan vitamin C. Faktanya, satu mangga memiliki semua vitamin C yang Anda butuhkan sepanjang hari. Vitamin C sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, jaringan ikat yang kuat, dan dinding pembuluh darah yang sehat. Mendapatkan jumlah vitamin C yang tidak mencukupi setiap hari dapat menyebabkan memar dan menyulitkan luka untuk sembuh dengan baik.

Mangga juga tinggi kalium dan hampir tidak memiliki natrium, jadi makan mangga dapat membantu mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh. Mangga juga memiliki tingkat folat dan vitamin A.

Folat adalah vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan jantung dan produksi sel darah. Vitamin A diperlukan untuk penglihatan normal, kulit yang sehat, kesehatan reproduksi, dan perkembangan sel normal.

Mangga juga mengandung quercetin, mangiferin, dan norathyriol, yang semuanya merupakan senyawa antioksidan potensial.

Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas (yang menurut para ahli menyebabkan kanker, aterosklerosis, dan penyakit lainnya).

Meskipun tidak banyak orang memilih untuk makan kulit mangga, itu bisa dimakan. Jika Anda ingin mencobanya, tergantung pada mangga, Anda mungkin merasa sedikit pahit, kenyal, dan mungkin keras.

Di sisi nutrisi, bagaimanapun, itu diisi dengan berbagai antioksidan dan serat. Perhatikan bahwa ia juga mengandung urushiol, senyawa yang sama yang menyebabkan reaksi terhadap poison ivy, jadi jika Anda sensitif berhati-hatilah dalam mengonsumsi kulit mangga.

Tomat

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah tomat adalah buah atau sayuran? Ahli botani mengklasifikasikan tomat sebagai buah karena mereka berkembang dari ovarium tanaman berbunga dan mengandung biji. Namun, karena tomat disiapkan dan disajikan seperti sayuran, mereka sering dianggap sebagai jenis sayuran. Apa pun jenis tomat yang jatuh, rasanya enak dan bergizi.

Selain sebagai sayur atau buah penurun darah tinggi, tomat juga memberikan manfaat kesehatan dari vitamin yang mereka berikan.

Vitamin C dalam tomat penting untuk penyembuhan luka, tulang dan gigi yang kuat, fungsi kekebalan tubuh yang baik dan membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Lycopene adalah antioksidan yang telah terbukti mengurangi kanker prostat. Selain itu, likopen dapat meningkatkan HDL (kolesterol sehat) dan mengurangi LDL (kolesterol jahat). Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara likopen dalam tomat dan pengurangan kehadiran LDL teroksidasi, yang dapat berkontribusi pada plak di dinding arteri.

Tomat juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, yang merupakan komponen penting untuk penglihatan normal dan fungsi kekebalan tubuh. Mereka juga merupakan sumber vitamin K yang sangat baik, yang membantu pembekuan darah dan kalium, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Currants

Blackcurrant adalah berry yang berasal dari gooseberry yang asli ke Amerika Selatan dan Inggris, di antara negara-negara Eropa lainnya. Mereka diyakini pertama kali dipanen dan dikonsumsi sekitar tahun 1600 di wilayah Laut Baltik Eropa, di negara-negara seperti Belanda dan Denmark.

Beri ini terutama digunakan dalam selai dan jeli, serta dalam isian untuk pai dan kue tar. Mereka juga kadang-kadang digunakan untuk item penyedap seperti obat batuk.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak blackcurrant seed dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat. Faktanya, sebuah penelitian Phytotherapy Research menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak biji kismis hitam secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol total dan mengurangi kadar trigliserida, yang merupakan jenis lemak darah yang berbahaya.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biokimia menunjukkan bahwa minyak biji kismis hitam bisa lebih efektif daripada minyak ikan dalam menurunkan kadar LDL, atau kolesterol “jahat,”.

Selain sebagai buah penurun darah tinggi, ekstrak blackcurrant juga diyakini bermanfaat bagi kesehatan mata, khususnya membantu dalam pengobatan glaukoma, sekelompok penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan pada saraf optik, yang menghubungkan mata ke otak.

Anggur

Keindahan anggur yang melimpah tidak hanya menarik bagi mata, tetapi juga bagi selera. Anggur manis, segar, dan menyegarkan. Dikenal sebagai bahan utama untuk membuat varietas anggur yang berbeda, anggur hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran yang berbeda dan memiliki rasa mulai dari yang manis hingga asam. Sebagian besar anggur adalah anggota keluarga Vitis vinifera meskipun ada varietas lain juga.

Anggur adalah makanan manis, sangat rendah lemak, dan relatif rendah kalori. Jika Anda mencoba mengurangi makanan olahan atau menambah asupan gula, anggur bisa menjadi pengganti yang baik untuk makanan lain seperti kue, permen, atau camilan. Anggur juga bisa menjadi bagian dari makanan penurunan berat badan dan buah penurun darah tinggi.

Sebagian besar manfaat kesehatan anggur berasal dari vitamin yang dikandungnya.

Vitamin K penting untuk tulang dan pembekuan darah yang kuat. Catatan, jika Anda mengonsumsi coumadin atau pengencer darah, asupan vitamin K Anda harus konsisten. Vitamin C membantu menjaga kekebalan tubuh tetap tinggi dan membantu memperbaiki jaringan, seperti penyembuhan luka. Vitamin B merupakan faktor penting dalam metabolisme, dan dalam memelihara rambut dan kuku yang kuat.

Anggur mengandung jumlah fitonutrien yang relatif besar, terutama flavonoid, seperti resveratrol (ditemukan paling tinggi di kulit anggur merah).

Resveratrol memiliki antioksidan, yang dapat membantu menurunkan risiko kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, pembekuan darah, dan penyakit jantung. Ini ditemukan di kulit anggur yang berwarna ungu tua, merah, dan hitam, menjadikan varietas ini sumber antioksidan yang lebih kaya, berbeda dengan anggur hijau.

Anggur juga mengandung quercetin (flavonoid yang ditemukan dalam apel), yang dapat membantu melindungi sel-sel kita dari kerusakan. Ada beberapa bukti pengurangan risiko kanker dan penyakit jantung dari senyawa ini.

Variasi Buah Penurun Darah Tinggi

Supaya tidak bosan, Anda dapat mengkombinasikan buah penurun darah tinggi dengan makanan sehat lainnya. Selain itu, konsumsinya dapat gonta-ganti konsumsi buah dalam daftar diatas setiap harinya.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *